phone Phone
+622131922919
close
menu

PT. Garuda Diesel (Ltd)

  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian
  • Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Deskripsi Jasa Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Moderenisasi dalam Bidang Pertanian untuk Meningkatkan Produksi 

Seiring berlakunya pasar bebas alias globalisasi, arus barang termasuk produk pertanian seperti halnya bahan pangan pokok, sayuran, buah-buahan, hasil pertanian lainnya akan semakin bebas dan mudah memasuki wilayah RI. Ini menjadi potensi ancaman bagi petani lokal dan berpotensi menimbulkan ketergantungan pangan kita kepada asing. 

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, kunci menghadapi globalisasi tersebut adalah efisiensi usaha tani. Potensi ancaman tersebut dapat dihadapi dengan 3 langkah yang bersifat mikro.

Yaitu, meningkatkan jumlah produksi sehingga tercapai kecukupan pangan nasional, meningkatkan efisiensi biaya produksi sehingga produk pertanian memiliki daya saing harga. "Kemudian meningkatkan kualitas sehingga produk pertanian memiliki daya saing kompetitif serta mengupayakan kontinuitas suplai pangan. Secara makro misalnya perlunya regulasi sektor pertanian dan perlindungan yang lebih baik kepada petani termasuk perlindungan dari berbagai bencana alam serta pengembangan sarana dan prasarana pertanian termasuk pengembangan industri alsintan dalam negeri," ujar Herman Khaeron di Jakarta, Kamis (5/10).

Semua langkah tersebut, jelas Herman, tidak terlepas dari keberhasilan implementasi teknologi pertanian modern. Melalui kebijakan pemerintah yang mengutamakan keberpihakan kepada petani. Diantaranya, dengan meningkatkan fasilitas bantuan alat mesin pertanian (alsintan) secara signifikan, telah menggeser kegiatan usaha pertanian dari sistem tradisional menuju pertanian yang modern. "Modernisasi pertanian dapat dilihat pada penggunaan metode budidaya yang lebih baik dan efektif, penerapan alat mesin pertanian dengan teknologi tepat guna dari mulai pengolahan lahan, pemanenan dan penanganan pasca panen, penggunaan benih unggul, pemupukan yang tepat guna dan mencukupi, penggunaan SDM pertanian yang lebih berkualitas, serta efisiensi penggunaan sumber daya alam terutama air irigasi. Sehingga keseimbangan lingkungan tetap terjaga," paparnya.

Sayangnya kebijakan pemerintah ini tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan baik, beberapa hal penyebab menurunnya produksi pertanian di Indonesia adalah disebabkan oleh :

1. Rata-rata usia petani di Indonesia adalah diatas 45 tahun atau sudah melewati masa produktif

2. Tidak ada regenerasi petani, yang disebabkan :

    - Generasi muda malu menjadi petani

    - Orang tua mereka / para petani tidak mau anaknya jadi petani seperti mereka

    - Anggapan menjadi petani tidak bisa membuat kaya

    - Bertani itu cape dan hasilnya kecil

3. Petani tidak bisa menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan), pemerintah hanya memberi bantuan berupa alsintan ini tetapi tidak disertai dengan pelatihan  cara menggunakannya dan cara merawatnya

4. Pola tanam yang kurang tepat

5. Pola perawatan pertanian yang kurang tepat (menjadikan biaya perawatan mahal)

6. Cara panen yang kurang tepat (buruh tani semakin sedikit sehingga biaya panen menjadi mahal)

7. Lahan pertanian yang semakin menyusut

Dari beberapa penyebab menurunnya produksi pertanian terutama produk pangan seperti padi, beberapa hal perlu peran serta pengusaha swasta dan masyarakat pada umumnya untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu cara yang dilakukan pengusaha swasta di Jogja adalah menggunaan jasa kami sebagai konsultan pelatihan peralatan pertanian bagi para petani di Yogyakarta untuk meningkatkan produksi padi di daerah tersebut.

 

Pelatihan Penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)

 

Garuda Diesel distributor kubota di Indonesia yang menjual perlatan pertanian. Kubota sudah sangat lama dikenal dan dipercaya oleh para petani di Indonesia dan seluruh dunia dengan peralatan pertaniannya. Peralatan pertaniannya dari mulai persiapan pengolahan tanah, persiapan tanam, mesin tanam, perawatan tanaman, mesin panen sampai mesin pasca panen.

Garuda diesel selain menjual peralatan pertanian / alsintan juga mempunyai layanan konsultasi dan pelatihan peralatan pertanian. Pelatihan ini ini meliputi beberapa hal, yaitu :

1. Pelatihan teori mengenai peralatan pertanian    

2. Pelatihan alat pengolahan tanah (traktor)

3. Pelatihan persiapan persemaian

4. Pelatihan persemain menggunakan alat semai padi (Seeder)

5. Pelatihan pengenalan alat tanam padi

6. Pelatihan menggunakan alat tanam padi (Rice Transplanter)

7. Pelatihan penggunaan pola tanam yang baik dan benar yang bisa meningkatkan produksi 

8. Pelatihan perawatan alsintan

9. Pelatihan dan pengenalan alat panen (Combine Harvester)

Dengan moderenisasi dalam pertanian ini akan meningkatkan produksi pertanian dan juga meningkatkan taraf hidup para petani, dengan semakin majunya pertanian akan menarik minat generasi muda untuk terjun dibidang pertanian dan tidak merasa malu menjadi petani. Dengan modernisasi pertanian ini akan meningkatkan hasil pertanian dan menurunkan biaya produksi dan juga bisa menghemat tenaga dan waktu para petani ini.

Pelatihan yang benar dan tepat guna pada alsintan dan pola tanam ini akan memberikan keuntungan besar bagi para petani dan pengusaha dalam bidang pertanian.

Pelatihan Modernisasi pertanian ini dibagi dalam beberapa paket, diantaranya :

1. Paket Pelatihan persemaian dan tanam padi 

2. Paket pelatihan berikut pembelian alat-alat persemaian (Seeder) dan alat tanam padi ( Rice Transplanter)   

3. Paket pelatihan dari Hulu sampai Hilir (pelatihan dari mulai persiapan tanam padi sampai dengan panen) dengan mesin panen (Combine Harvester)

Bagi anda pengusaha Agraris / pengusaha pertanian yang ingin meningkatkan produksi pertanian atau bagi anda yang ingin bekerjasama dengan para petani dengan menyewakan peralatan pertanian kepada para petani, pelatihan ini akan sangat membantu meningkatkan profit anda.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Garuda diesel di 021 3192 2919 atau bisa menghubungi kami langsung melalui tlp / wa di 0813 1832 4644

Kepuasan Anda adalah Prioritas Utama Kami.

Garuda Diesel Mitra Sejati Bisnis Anda.

Kirim Pertanyaan Anda ke PT. Garuda Diesel (Ltd) mengenai Pelatihan Mesin Pertanian untuk Meningkatkan Produksi Pertanian

Isi Kode Security:


For more information please send me a message or contact us!

Search

Please enter the words you want to search in the field below